Pengolahan Hasil Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial dalam Kurikulum 2013

Langkah-langkah untuk membuat deskripsi nilai/perkembangan sikap selama satu semester:
  • Wali kelas, guru mata pelajaran, danguru BK masing-masing mengelompokkan(menandai) catatan-catatan sikap jurnal yang dibuatnya ke dalam sikap spiritual dan sikap sosial.
  • Wali kelas, guru mata pelajaran, dan guru BK masing-masing membuat rumusandeskripsi singkatsikap spiritual dan sikap sosial berdasarkancatatan-catatanjurnal untuk setiap siswa.
  • Wali kelas mengumpulkan deskripsi singkat sikap dari guru mata pelajaran dan guru BK. Dengan memperhatikan deskripsi singkat sikap spiritual dan sosial dari guru mata pelajaran, guru BK, dan wali kelas yang bersangkutan, wali kelas menyimpulkan (merumuskan deskripsi) capaian sikap spiritual dan sosial setiap siswa.
Berikut adalah rambu-rambu rumusan deskripsi perkembangan sikap selama satu semester:
  • Deskripsi sikap menggunakan kalimat yang bersifat memotivasi dengan pilihan kata/frasa yang bernada positif. Hindari frasa yang bermakna kontras, misalnya: ... tetapi masih perlu peningkatan dalam ... atau ... namun masih perlu bimbingan dalam hal ...
  • Deskripsi sikap menyebutkan perkembangan sikap/perilaku siswa yang sangat baik dan/atau baik dan yang mulai/sedang berkembang.
  • Apabila siswa tidak ada catatan apapun dalam jurnal, sikap siswa tersebut diasumsikan BAIK.
  • Dengan ketentuan bahwa sikap dikembangkan selama satu semester, deskripsi nilai/perkembangan sikap siswa didasarkan pada sikap siswa pada masa akhir semester. Oleh karena itu, sebelum deskripsi sikap akhir semester dirumuskan, guru mata pelajaran, guru BK, dan wali kelas harus memeriksa jurnal secara keseluruhan hingga akhir semester untuk melihat apakah telah ada catatan yang menunjukkan bahwa sikap siswa tersebut telah menjadi sangat baik, baik, atau mulai berkembang.
  • Apabila siswa memiliki catatan sikap KURANG baik dalam jurnal dan siswa tersebut belum menunjukkan adanya perkembangan positif, deskripsi sikap siswa tersebut dirapatkan dalam rapat dewan guru pada akhir semester.

Berikut adalah contoh rumusan deskripsi capaian sikap spiritual dan sosial:
Sikap spiritual:
Rumonang:
Selalubersyukur, selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan,dantoleran pada pemelukagama yang berbeda; ketaatan beribadah mulai berkembang.

Sikap sosial:
Rumonang:
Sangat santun, peduli, dan percaya diri; kejujuran, kedisiplinan, dan tanggungjawab meningkat.