Pembahasan Kisi-Kisi SKL UN Bahasa Inggris SMP/MTs
Unsur Kebahasaan
Simple Present Tense
1. Pengertian
Simple present tense adalah salah satu dari beberapa bentuk present tense dalam bahasa Inggris. Tense ini digunakan untuk mendeskripsikan kebiasaan, situasi yang tidak berubah, kebenaran umum, dan jadwal tetap. Gunakan saja kata dasar dari kata kerja: (I take, you take, we take, they take). Bentuk orang ketiga tunggal menggunakan -s di akhir kata dasar (he takes, she takes).
2. Fungsi
- Untuk menunjukan kebiasaan, kebenaran umum, tindakan berulang atau situasi yang tidak berubah, emosi, dan harapan.
- Untuk memberikan instruksi atau arahan
- Untuk menyatakan jadwal tetap di masa kini maupun masa depan.
- Untuk menyatakan waktu di masa depan setelah konjungsi: after, when, before, as soon as, until.
3. Rumus
Simple present tense affirmative
S + Verb (1) / Verb dasar / to be (is, am, are) + O
Simple present tense negative
S + Don't//Doesn't + Verb (1) + O
Simple present tense interogative
Do/Does + S + Verb + O
Contoh soal:
1. Children always ... their parents.
A. are loving
B. is loving
C. love
D. loves
2. The man always ... the truth.
A. tells
B. is telling
C. telling
D. are telling
3. .... to Temple every time?
A. Does you go
B. Do you go
C. Are you go
D. Have you go
4. He doesn't ... that Mr. Buhima is our maths teacher.
A. know
B. knows
C. knew
D. known
5. Rika: You ... to school every day and also work.
Anita: Yes, and I also take ... of my children.
Rika: You are very busy person.
Anita: So are you. You go to school every day and you work.
A. went - care
B. gone - care
C. go - care
D. go - some
6. Andra: I ... to read good novels and poems.
Benny: Where ... you find books to read?
Andra: I go to the Mission Branch Library
Benny: Where is that library?
Andra: It's at the corner of 24th and Bartlett.
Benny: It's just two blocks from here.
A. like - do
B. like - did
C. don't like - do
D. don't like - did
7. Sania: ... you have any brother or sisters?
Berry: Yes, I do. I ... from a large family.
Sania: Really? How many brothers or sisters do you have?
Bery: I have four brothers and three sisters.
Sania: What country are you from?
Berry: Originally, I'm from Guatemala. But we moved to Maxico three years ago.
A. Did - come
B. Do - came
C. Do - come
D. Did - came
Sumber: Taktis UN 2020 untuk SMP/MTs. Grafindo Media Pratama. 2019
Demikian pembahasan tentang Bedah SKLl UN 2020 Bahasa Inggris SMP/MTs - Simple Present Tense (Unsur Kebahasaan) . Semoga dapat menambah pemahamannya tentang Soal Bahasa Inggris SMP/MTs,. Kritik dan saran melalui kolom komentar dibawah. Save dan share artikel ini untuk berbagi pengetahuan dengan klik ikon dibawah ini.
Social Media